Tips Nafar Awal dan Tsani Untuk Jamaah Yang Naik Haji

Biro umroh dan haji PT.Az-zahra Tour & Travel dalam manasik hajinya menjelaskan bahwa Didalam prosesi ibadah haji ada dua jenis nafar (meninggalkan mina dan berniat untuk tidak kembali lagi ke mina) yang boleh dilakukan dengan memilih salah satu berdasarkan situasi dan kondisi yang mengiringinya, dua jenis nafar itu adalah nafar awal dan nafar tsani.  Meninggalkan Mina pada 12 dzulhijjah selepas matahari tergelincir, selesai melontar jumrah ula’-wustha-kubra, telah bermalam selama 2 malam di Mina yaitu 11 sd 12 Dzulhijjah dan berniat tidak kembali lagi ke Mina serta mengakhirinya dengan thowaf wada di Masjidil haram tanpa bermalam lagi pada tanggal 13 Dzulhijjahnya inilah yang dimaksud dengan nafar awal.Bedanya dengan nafar tsani adalah dilakukan seperti biasa yaitu melempar jumrah. Para jamaah dipersilahkan untuk memilihnya dan dalam pelaksanaannya akan dibimbing dan di fasilitasi oleh biro umroh dan haji PT.Az-zahra Tour & Travel.

Para jamaah haji saat ini sudah melakukan nafar awal sebagai salah satu rangkai prosesi ibadah haji yang harus dilakukan. Nafar awal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan jamaah haji untuk memendekan ibadah hajinya dikarenaka ada urusan yang lain.

Jamaah yang naik haji dan  melakukan prosesi ibadah haji ini saat ini tidak kurang dari lima juta dan mereka berasal dari berbagai negara sebagai tamu-tamu Allah SWT yang rahman, mereka para jamaah tersebar dan berada di areal Mina – Makkah sampai dengan 13 Dzulhijjah atau petang nanti.

Mereka para jamaah haji telah berada di Mina sejak sehari sebelumnya dengan melakukan salah satu ibadah haji dengan melempar jumrah ula’ – wustha – dan ditutup dengan jumrah kubra, sambil melalui sebahagian malamnya (mabit).

Waktu menjelang sholat zuhur sampai dengan magrib adalah waktu puncak dan terakhirnya para jamaah dari berbagai negara melakukan lempar jumrah kubra, sehingga bisa dipastikan akan terjadi penumpukan di dua tempat Mina dan Makkah.Walaupun pemerintah Arab Saudi telah menambah fasilitas melempar jumrah dengan membangun jembatan sebanyak lima lantai tetap saja penuh sesak dengan manusia. Biro umroh dan haji PT.Az-zahra Tour & Travel memberikan masukan Para jamaahnya untuk tidak melakukan lempar jumrah di lantai dasar dikhawatirkan dilantai dasarlah tempat yang paling sesak. Mereka para jamaah haji harus segera meninggalkan Mina dan menuju Makkah untuk melaksanakan thowaf Wada.

Semoga persembahan dari tulisan ini bermafaat dan menjadikan para jamaah haji mudah dalam memilih dan menentukan biro umroh dan haji PT.Az-zahra Tour & Travel sebagai pilihan tahun yang akan datang

4 thoughts on “Tips Nafar Awal dan Tsani Untuk Jamaah Yang Naik Haji

  1. Nurhayati Mama

    Alhmdllh semua penjelesan tersebut sngt bermanfaat bgsaudara teman yg akan menjadi tamu allah swt nanti, smg allah swt membwrikan pahala ats kebaikan anda yg mrpkan syiar jg aamiin yra

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>